KISI – KISI PENULISAN SOAL USBN


Jenis Sekolah               : SMA/MA
Mata pelajaran               : Sosiologi
Kurikulum                      : 2006
Alokasi Waktu               : 120 menit
Jumlah Soal                  : 45
Tahun Ajaran                 : 2017/2018

NO
       Kompetensi yang Diuji                                                         
Cakupan Materi
MATERI
INDIKATOR SOAL

1

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang nilai dan norma dalam pengembangan kepribadian, perilaku menyimpang dan sikap anti sisal, sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.
Keteraturan Sosial, Nilai dan Norma Sosial


Fungsi sosiologi
Disajikan pernyataan mengenai salah satu kasus sosial kemudian peserta didik dapat menentukan fungsi sosiologi

Nilai dan Norma Sosial
Disajikan gambar proses sosial, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan jenis nilai sosial

2








Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang nilai dan norma dalam pengembangan kepribadian, perilaku menyimpang dan sikap anti sisal, sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.





Disajikan sebuah contoh, kemudian peserta didik dapat menentukan jenis norma tersebut

Interaksi sosial
Disajikan fenomena proses social, peserta didik dapat menentukan factor pendorong interaksi sosial
Disajikan fenomena proses social, peserta didik dapat menentukan factor penghambat interaksi sosial

Hubungan sosialisasi dengan kepribadian
Disajikan contoh kasus kemudian peserta didik dapat mengidentifikasi tahap sosialisasi
Disajikan contoh kasus kemudian peserta didik dapat mengidentifikasi factor pembentuk kepribadian




Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji tentang fungsi sosiologi dalam mengkaji hubungan masyarakat dan proses interaksi sosial dalam pengembabangan pola keteraturan sosial
Faktor penyebab perilaku menyimpang
Disajikan ilustrasi tentang perilaku meyimpang indivudu, peserta didik dapat menginterpretasi faktor penyebabnya


3
Proses Interaksi social dalam pengembangan keteraturan sosial
Disajikan contoh proses interaksi  sosial, kemudian peserta didik dapat menentukan unsur keteraturan sosial

4

Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang struktur sosial, stratifikasi sosial, konflik sosial, mobilitas sosial, kelompok sosial
Struktur, Konflik dan Mobilitas, dan Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural
Bentuk Struktur Sosial
Disajikan ilustrasi tentang struktur sosial kemudian peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk struktur sosial
Disajikan gambar pelapisan sosial kemudian peserta didik dapat mengidentifikasi dasar pelapisan sosial yang terjadi
Disajikan gambar pelapisan sosial kemudian peserta didik dapat mengidentifikasi sifat pelapisan sosial
Disajikan contoh kasus pelapisan sosial kemudian peserta didik dapat mengidentifikasi sifat pelapisan sosial
Disajikan gambar pelapisan sosial kemudian peserta didik dapat mengidentifikasi dasar diferensiasi sosial
Disajikan cotoh kasus pelapisan sosial kemudian peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk diferensiasi sosial
Konflik sosial dan bentuk akomodasinya
Disajikan contoh kasus konflik sosial, kemudian peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk akomodasi dalam masyarakat
5

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan, konflik sosial dan bentuk akomodasinya, mobilitas sosial dan dinamika sosial, ekompok sosial dalam masyarakat multikultural dan solusinya.
Bentuk Mobilitas
Disajikan contoh kasus, kemudian peserta didik dapat menganalisis bentuk mobilitas sosial yang dialami oleh seseorang

Faktor Mobilitas sosial
Disajikan sebuah contoh kasus mobilitas sosial, kemudian peserta didik dapat mengidentifikasi faktor penghambat mobilitas sosial yang terjadi
Dinamika Kelompok sosial

Disajikan contoh kemudian peserta didik dapat mengidentifikasi faktor penyebab kemajemukan di Indonesia

Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
Disajikan contoh kemudian peserta didik dapat menginterpretasi faktor pendorong terjadinya kelompok sosial

masyarakat Multikultural
Disajikan proses sosial, kemudian peserta didik dapat menginterpretasikan ciri masyarakat multikultural
6

Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji tentang hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial, berbagai permasalahan yang terjadi dalam masyarakat multikultural

Hubungan antara struktur sosial dan mobilitas sosial
Disajikan ilustrasi mengenai struktur sosial, peserta didik dapat menganalisis hubungan antara mobilitas sosial dengan struktur sosia


Soal dari Pusat
Disajikan gambar mobilitas, siswa dapat menentukan jenis mobilitas social tersebut



Permasalahan yang terjadi dalam masyarakat multikulturan
Disajikan ilustrasi mengenai permasalahan sosial, peserta didik dapat menentukan factor penyebab permasalahan dalam masyarakat multikultural




Sikap yang dikembangkan dalam mengatasi Permasalahan yang terjadi dalam masyarakat multikulturan
Disajikan ilustrasi mengenai permasalahan sosial, peserta didik dapat menentukan mengemukakan cara mengatasi permasalahan dalam masyarakat multikultural


7
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang perubahan sosial dan lembaga sosial
Perubahan Sosial dan Lembaga Sosial
Perubahan  sosial

Disajikan fenomena sosial, peserta didik dapat menentukan faktor penyebab perubahan sosial
8
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang Perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat, peran dan fungsi lembaga dalam masyarakat
Perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat
Disajikan pernyataan, kemudian peserta didik dapat member contoh dampak positif dari globalisasi


Perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat

Disajikan pernyataan kemudian peserta didik dapat merumuskan cara mengetahui perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat
Peran dan fungsi lembaga sosial dalam masyarakat
Disajikan contoh, kemudian peserta didik dapat menginterpretasi perbedaan lingkungan pendidikan

Peran dan fungsi lembaga sosial dalam masyarakat
Disajikan pernyataan kemudian peserta didik dapat memberi contoh fungsi lembaga politik

Disajikan sebuah pernyataan kemudian peserta didik dapat menyimpulkan tipe lembaga sosial

9
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji tentang dampak perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat, masyarakat multikultural dalam bingkai NKRI
Dampak perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat



Disajikan pernyataan,  dapat menganalisis jati diri bangsa yang terkikis globalisasi

10
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang penelitian sosial, jenis penelitian sosial, prosedur dan metode penelitian, instrument pengumpulan data, kegunaan penelitian sosial.
Penelitian Sosial
Manfaat penelitian sosial
Peserta didik dapat menyebutkan manfaat umum penelitian sosial

11


12
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang penentuan topik penelitian, perumusan masalah penelitian,  Rancangan penelitian (jenis, data, sampel instrument, dan teknik analisis data penelitian


Penentuan Topik penelitian
Disajikan beberapa indikator, kemudian peserta didik dapat member contoh unsur pemilihan topik yang baik


Disajikan beberapa indikator, kemudian peserta didik dapat member contoh pemilihan topik yang baik


Sampel Penelitian
Disajikan contoh pengambilan sampel dan peserta didik dapat menginterpretasikan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian

Disajikan contoh pengambilan sampel dan peserta didik dapat menginterpretasikan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian


Teknik analisis data
Disajikan tabel berdasarkan modus kemudian peserta didik dapat menginterpretasi hasil penelitian


Instrumen penelitian
Disajikan contoh kemudian peserat didik dapat menganalisis kekurangan dan kelebihan pengambilan data menggunakan wawancara

13
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji tentang kesesuaian jenis penelitian dengan data penelitian, pengolahan data penelitian dan interpretasi hasil penelitan

Kesesuaian jenis penelitian dengan data penelitian
Disajikan pernyataan, kemudian peserta didik dapat menganalisis indikator penelitian kuantitatf

14
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang nila dan norma dalam pengembangan, konflik sosial dan bentuk akomodasinya, mobilitas sosial dan dinamika sosial, kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
Keteraturan sosial, nilai dan norma sosial
Nilai norma, sosialisasi dan pembentukan kepribadian
Peserta didik dapat menginterpretasi keterkaitan antara nilai norma, sosialisasi dan pembentukan kepribadian

15
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan, konflik sosial dan bentuk akomodasinya, mobilitas sosial dan dinamika sosial, kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
Struktur, konflik, dan mobilitas dan kelompok sisal dalam masyarakat multikultural
Mobilitas Sosial
Peserta didik dapat memberi contoh cara mengatasi konflik

16
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan, konflik sosial dan bentuk akomodasinya, mobilitas sosial dan dinamika sosial, kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
Struktur, konflik, dan mobilitas dan kelompok sisal dalam masyarakat multikultural
Berbagai permasalahan dalam masyarakat multikultural
Peserta didik dapat memberi contoh permasalahan masyarakat multikultural

17
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji tentang dampak perubahan sosial dalam kehidupan masyarkaat , masyarakat multikultural dalam bingkai NKRI
Perubahan Sosial dan Lembaga Sosial
Dampak Perubahan Sosial
Peserta didik dapat menganalisis cara mengatasi dampak negatif perubahan sosial dalam masyarakat

17
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji tentang kesesuaian jenis penlitian dengan data penelitian, pengolahan data penelitian dan interpretasi hasil penelitian
Penelitan Sosial
Pengolahan data penelitian dan interpretasi hasil penelitian
Peserta didik dapat menganalisis tabel data hasil penelitian


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "KISI – KISI PENULISAN SOAL USBN "

Posting Komentar