Jenis Sekolah : SMA/MA
Mata pelajaran : Sosiologi
Kurikulum :
2006
Alokasi Waktu :
120 menit
Jumlah Soal :
45
Tahun Ajaran :
2017/2018
NO
|
Kompetensi yang Diuji
|
Cakupan Materi
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
|
1
|
Peserta didik mampu mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman tentang nilai dan norma dalam pengembangan
kepribadian, perilaku menyimpang dan sikap anti sisal, sosialisasi dalam
pembentukan kepribadian.
|
Keteraturan Sosial,
Nilai dan Norma Sosial
|
Fungsi sosiologi
|
Disajikan pernyataan mengenai salah satu
kasus sosial kemudian peserta didik dapat menentukan fungsi sosiologi
|
|
Nilai dan Norma Sosial
|
Disajikan gambar proses sosial, peserta
didik dapat mengidentifikasi
dengan jenis nilai sosial
|
||||
2
|
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan
dan pemahaman tentang nilai dan norma dalam pengembangan kepribadian,
perilaku menyimpang dan sikap anti sisal, sosialisasi dalam pembentukan
kepribadian.
|
Disajikan sebuah contoh, kemudian peserta
didik dapat menentukan jenis norma tersebut
|
|||
Interaksi
sosial
|
Disajikan fenomena proses social, peserta
didik dapat menentukan factor pendorong interaksi sosial
|
||||
Disajikan fenomena proses social, peserta
didik dapat menentukan factor penghambat interaksi sosial
|
|||||
Hubungan sosialisasi dengan kepribadian
|
Disajikan contoh kasus kemudian peserta
didik dapat mengidentifikasi tahap sosialisasi
|
||||
Disajikan contoh kasus kemudian peserta
didik dapat mengidentifikasi factor pembentuk kepribadian
|
|||||
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam
mengkaji tentang fungsi sosiologi dalam mengkaji hubungan masyarakat dan
proses interaksi sosial dalam pengembabangan pola keteraturan sosial
|
Faktor penyebab perilaku menyimpang
|
Disajikan ilustrasi tentang perilaku
meyimpang indivudu, peserta didik dapat menginterpretasi
faktor penyebabnya
|
|||
3
|
Proses Interaksi social dalam pengembangan
keteraturan sosial
|
Disajikan contoh proses interaksi sosial, kemudian peserta didik dapat
menentukan unsur keteraturan sosial
|
|||
4
|
Peserta didik mampu memahami dan menguasai
tentang struktur sosial, stratifikasi sosial, konflik sosial, mobilitas
sosial, kelompok sosial
|
Struktur, Konflik
dan Mobilitas, dan Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural
|
Bentuk Struktur Sosial
|
Disajikan ilustrasi tentang struktur sosial
kemudian peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk struktur sosial
|
|
Disajikan gambar pelapisan sosial kemudian
peserta didik dapat mengidentifikasi dasar pelapisan sosial yang terjadi
|
|||||
Disajikan gambar pelapisan sosial kemudian
peserta didik dapat mengidentifikasi sifat pelapisan sosial
|
|||||
Disajikan contoh kasus pelapisan sosial
kemudian peserta didik dapat mengidentifikasi sifat pelapisan sosial
|
|||||
Disajikan gambar pelapisan sosial kemudian
peserta didik dapat mengidentifikasi dasar diferensiasi sosial
|
|||||
Disajikan cotoh kasus pelapisan sosial
kemudian peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk diferensiasi sosial
|
|||||
Konflik sosial dan bentuk akomodasinya
|
Disajikan contoh kasus konflik sosial,
kemudian peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk akomodasi dalam
masyarakat
|
||||
5
|
Peserta didik mampu mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman tentang bentuk struktur sosial dalam fenomena
kehidupan, konflik sosial dan bentuk akomodasinya, mobilitas sosial dan
dinamika sosial, ekompok sosial dalam masyarakat multikultural dan solusinya.
|
||||
Bentuk Mobilitas
|
Disajikan contoh kasus, kemudian peserta
didik dapat menganalisis bentuk mobilitas sosial yang dialami oleh seseorang
|
||||
Faktor Mobilitas sosial
|
Disajikan sebuah contoh kasus mobilitas
sosial, kemudian peserta didik dapat mengidentifikasi faktor penghambat
mobilitas sosial yang terjadi
|
||||
Dinamika Kelompok sosial
|
Disajikan contoh kemudian peserta didik
dapat mengidentifikasi faktor penyebab kemajemukan di Indonesia
|
||||
Kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural
|
Disajikan contoh kemudian peserta didik
dapat menginterpretasi faktor pendorong terjadinya kelompok sosial
|
||||
masyarakat Multikultural
|
Disajikan proses sosial, kemudian peserta
didik dapat menginterpretasikan ciri masyarakat multikultural
|
||||
6
|
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam
mengkaji tentang hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial,
berbagai permasalahan yang terjadi dalam masyarakat multikultural
|
|
Hubungan antara struktur sosial dan
mobilitas sosial
|
Disajikan ilustrasi mengenai struktur sosial, peserta didik dapat
menganalisis hubungan antara mobilitas sosial dengan struktur sosia
|
|
|
Soal dari Pusat
|
Disajikan gambar mobilitas, siswa dapat
menentukan jenis mobilitas social tersebut
|
|||
|
|
Permasalahan yang terjadi dalam masyarakat
multikulturan
|
Disajikan ilustrasi mengenai permasalahan sosial, peserta didik dapat
menentukan factor penyebab permasalahan dalam masyarakat multikultural
|
||
|
|
Sikap yang dikembangkan dalam mengatasi
Permasalahan yang terjadi dalam masyarakat multikulturan
|
Disajikan ilustrasi mengenai permasalahan sosial, peserta didik dapat
menentukan mengemukakan cara mengatasi permasalahan dalam masyarakat
multikultural
|
||
7
|
Peserta didik mampu memahami dan menguasai
tentang perubahan sosial dan lembaga sosial
|
Perubahan Sosial
dan Lembaga Sosial
|
Perubahan
sosial
|
Disajikan fenomena sosial, peserta didik
dapat menentukan faktor penyebab perubahan sosial
|
|
8
|
Peserta didik mampu mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman tentang Perubahan sosial dalam kehidupan
masyarakat, peran dan fungsi lembaga dalam masyarakat
|
||||
Perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat
|
Disajikan pernyataan, kemudian peserta
didik dapat member contoh dampak positif dari globalisasi
|
||||
|
Perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat
|
Disajikan pernyataan kemudian peserta didik
dapat merumuskan cara mengetahui perubahan sosial yang terjadi dalam
masyarakat
|
|||
Peran dan fungsi lembaga sosial dalam
masyarakat
|
Disajikan contoh, kemudian peserta didik
dapat menginterpretasi perbedaan lingkungan pendidikan
|
||||
Peran dan fungsi lembaga sosial dalam
masyarakat
|
Disajikan pernyataan kemudian peserta didik
dapat memberi contoh fungsi lembaga politik
|
||||
Disajikan sebuah pernyataan kemudian
peserta didik dapat menyimpulkan tipe lembaga sosial
|
|||||
9
|
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam
mengkaji tentang dampak perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat,
masyarakat multikultural dalam bingkai NKRI
|
Dampak perubahan sosial dalam kehidupan
masyarakat
|
Disajikan pernyataan, dapat menganalisis jati diri bangsa yang
terkikis globalisasi
|
||
10
|
Peserta didik mampu memahami dan menguasai
tentang penelitian sosial, jenis penelitian sosial, prosedur dan metode
penelitian, instrument pengumpulan data, kegunaan penelitian sosial.
|
Penelitian Sosial
|
Manfaat penelitian sosial
|
Peserta didik dapat menyebutkan manfaat
umum penelitian sosial
|
|
11
|
|
||||
12
|
Peserta didik mampu mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman tentang penentuan topik penelitian, perumusan
masalah penelitian, Rancangan
penelitian (jenis, data, sampel instrument, dan teknik analisis data
penelitian
|
|
Penentuan Topik penelitian
|
Disajikan beberapa
indikator, kemudian peserta didik dapat member contoh unsur pemilihan topik
yang baik
|
|
|
Disajikan beberapa
indikator, kemudian peserta didik dapat member contoh pemilihan topik yang
baik
|
||||
|
Sampel Penelitian
|
Disajikan contoh pengambilan
sampel dan peserta didik dapat menginterpretasikan teknik pengambilan sampel
yang digunakan dalam penelitian
|
|||
Disajikan contoh pengambilan
sampel dan peserta didik dapat menginterpretasikan teknik pengambilan sampel
yang digunakan dalam penelitian
|
|||||
|
|
Teknik analisis data
|
Disajikan tabel berdasarkan modus kemudian
peserta didik dapat menginterpretasi hasil penelitian
|
||
|
Instrumen penelitian
|
Disajikan contoh kemudian peserat didik
dapat menganalisis kekurangan dan kelebihan pengambilan data menggunakan
wawancara
|
|||
13
|
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam
mengkaji tentang kesesuaian jenis penelitian dengan data penelitian,
pengolahan data penelitian dan interpretasi hasil penelitan
|
|
Kesesuaian jenis penelitian dengan data
penelitian
|
Disajikan pernyataan, kemudian peserta
didik dapat menganalisis indikator penelitian kuantitatf
|
|
14
|
Peserta didik mampu mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman tentang nila dan norma dalam pengembangan, konflik
sosial dan bentuk akomodasinya, mobilitas sosial dan dinamika sosial,
kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Keteraturan sosial,
nilai dan norma sosial
|
Nilai norma, sosialisasi dan pembentukan
kepribadian
|
Peserta didik dapat menginterpretasi
keterkaitan antara nilai norma, sosialisasi dan pembentukan kepribadian
|
|
15
|
Peserta didik mampu mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman tentang bentuk struktur sosial dalam fenomena
kehidupan, konflik sosial dan bentuk akomodasinya, mobilitas sosial dan
dinamika sosial, kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Struktur, konflik,
dan mobilitas dan kelompok sisal dalam masyarakat multikultural
|
Mobilitas Sosial
|
Peserta didik dapat memberi contoh cara
mengatasi konflik
|
|
16
|
Peserta didik mampu mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman tentang bentuk struktur sosial dalam fenomena
kehidupan, konflik sosial dan bentuk akomodasinya, mobilitas sosial dan
dinamika sosial, kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Struktur, konflik,
dan mobilitas dan kelompok sisal dalam masyarakat multikultural
|
Berbagai permasalahan dalam masyarakat
multikultural
|
Peserta didik dapat memberi contoh permasalahan
masyarakat multikultural
|
|
17
|
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam
mengkaji tentang dampak perubahan sosial dalam kehidupan masyarkaat ,
masyarakat multikultural dalam bingkai NKRI
|
Perubahan Sosial
dan Lembaga Sosial
|
Dampak Perubahan Sosial
|
Peserta didik dapat menganalisis cara
mengatasi dampak negatif perubahan sosial dalam masyarakat
|
|
17
|
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam
mengkaji tentang kesesuaian jenis penlitian dengan data penelitian,
pengolahan data penelitian dan interpretasi hasil penelitian
|
Penelitan Sosial
|
Pengolahan data penelitian dan interpretasi
hasil penelitian
|
Peserta didik dapat menganalisis tabel data
hasil penelitian
|
Belum ada tanggapan untuk "KISI – KISI PENULISAN SOAL USBN "
Posting Komentar